Lebih Cepat Pake Codeigniter, Lebih Menarik dengan jQuery

Posted: 24 Februari 2011 in Lain-lain

Sudah banyak orang yang tahu bahwa untuk membuat website sekarang ini tidaklah sulit. Banyak tools dan tutorial yang tersebar di internet. Orang yang nggak perlu tahu koding HTML yang notabene adalah bahasa universal untuk membuat website pun bisa membuatnya. Ada berbagi macam CMS yang siap membantu membuat website anda dalam 10 Menit. Bisa pake joomla untuk portal, OS Commerce untuk membuat e-commerce, kemudian ada Moodle untuk membuat kelas belajar virtual, bahkan yang ingin membuat website social network sendiri pun bisa dengan mudah dan murah didapatkan!

Kalau di depan saya singgung tentang CMS yang membuat setiap orang secara instan dapat membuat website, di sini saya akan mulai membahas tools yang bisa dimanfaatkan oleh programmer web PHP untuk mempercepat pembuatan aplikasinya. Ia adalah framework PHP. Jika CMS dalam penggunaannya cukup diinstal dan ubah desainnya di sana-sini, maka dengan menggunakan framework anda tetap harus melakukan koding program untuk mendapatkan sebuah aplikasi yang utuh. Lalu dimana kelebihannya?

Framework berisi sejumlah library dan aturan penggunaannya untuk dipakai oleh programmer. Ada banyak framework PHP yang bisa kita gunakan, mulai dari CakePHP, Kohana, Symfoni, Zend Framework, dan Codeigniter. Penulis sendiri lebih prefer menggunakan Codeigniter, jadi untuk kali ini saya hanya akan menuliskan tentangnya.

Codeigniter dibuat oleh Ellislab, dan anda bisa mendapatkannya di website resminya http://codeigniter.com/. Kelebihan Codeigniter adalah penggunaannya yang mudah dan dokumentasi yang cukup dari pengembangnya untuk dijadikan rujukan bagi developer php yang ingin menggunakannya. Dari pengalaman penulis, sudah cukup banyak buku codeigniter yang ditulis dalam bahasa Indonesia, tentunya ini akan memudahkan lagi bagi yang ingin mempelajarinya.

Pada saat tulisan ini dibuat versi Codeigniter yang sudah tersedia mencapai versi 2.0.0. Dan bagi anda yang ingin mendapatkan contoh projek yang sudah dikerjakan oleh orang lain dengan menggunakan codeigniter, bisa mencoba mencarinya di google code ataupun di sourceforge.

Sekedar saran, buat teman-teman yang ingin belajar codeigniter secara langsung masuk ke latihan pengerjaan projek, silahkan membaca buku Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter dari lokomedia, keterangan lebih lanjut klik disini. Menurut penulis, contoh program aplikasi yang diberikan tidak terlalu rumit, tetapi hampir mencakup kebutuhan dasar suatu aplikasi. Penulis sendiri merasa terbantu sekali dengan aplikasi contoh yang disertakan dalam bentuk CD.

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter

Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter

Dikenal sebagai buku pertama yang terbit dalam bahasa indonesia untuk membahasa Codeigniter, buku ini tidak lantas menjadi miskin konten.

aplikasi absensi

aplikasi absensi

Codeigniter sendiri menjanjikan tidak akan banyak ketergantungan library lain seperti PEAR, jika anda membuat aplikasi dengannya. Sehingga aplikasi yang kita buat akan lebih kompatibel dengan webhosting manapun.

Codeigniter sangat membantu developer PHP saat membuat program aplikasinya, karena banyak sekali class-class yang siap untuk kita gunakan, tanpa harus membuatnya sendiri. Dengan codeigniter proses pengerjaannya menjadi lebih cepat, dan keamanannya menjadi lebih terjamin. Kita tidak perlu lagi membuat kode program untuk membuat validasi input form, misalkan, karena ia sudah tersedia di codeigniter.

Jika Codigniter membuat aplikasi lebih powerfull maka jQuery akan membantu kita untuk membuat website ataupun aplikasi yang lebih interaktif dan menarik. Seperti kita tahu, untuk saat ini website dituntut harus menerapkan interaktifitas dengan user yang lebih tinggi. Itu tentunya harus menggunakan pemrograman disisi klien yang tidak lain adalah Javascript. Lantas apakah kaitannya javascipt dengan jQuery?

jQuery adalah pengembangan dari javascript. Ia menjadi framework javascript tersendiri sehingga lebih memudahkan pengembang web. Bagi programmer dulu mungkin sudah sangat mengenal, bagaimana rumitnya memanipulasi elemen html agar sesuai dengan keinginan user saat dibutuhkan. Atau bagaimana susahnya memakai teknik AJAX dalam melakukan request ke server. Namun sekarang, dengan menggunakan jquery semua itu bisa dilakukan hanya dengan beberapa bari kode saja.

Penulis sendiri belum banyak menemukan buku jQuery berbahasa indonesia yang bagus. Memang ada satu dua buku yang sudah ditulis oleh orang lain, tapi dari apa yang penulis baca tidak terlalu mengena pada inti pembahasannya. Penulis menemukan satu buku menarik bagi mereka yang ingin mempelajari jQuery.

jquery novice to ninja

jquery novice to ninja

Ulasan mengenai buku ini sudah saya berikan di tulisan lain pada blog ini. Silahkan mencarinya. Bagi temen-temen yang ingin mendapatkan softcopy dari buku ini silahkan kontak ke email saya dan untuk mendownload source code dari buku ini silahkan klik download disini.

Iklan
Komentar
  1. arif berkata:

    mas saya mnta softcopy nya ya ttg tutorial buku ini…trims

    for_justicevoice@yahoo.com

  2. […] buku Membangun Web Berbasis PHP Dgn Framework CodeIgniter dari lokomedia, keterangan lebih lanjut klik disini. Menurut penulis, contoh program aplikasi yang diberikan tidak terlalu rumit, tetapi hampir mencakup […]

  3. Yazid aufar berkata:

    mas saya juga boleh minta softcopy tentang tutorial buku ini kan, makasih dulu ya mas

    yazid.aufar.ya@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s