Hosting, Sharing, dan Sinkronisasi File Otomatis dengan Dropbox

Posted: 6 Maret 2011 in Lain-lain, Tips dan Trik

dropbox

Jika Anda :

* Sering bertukar banyak file dengan teman / klien / rekan kerja.
* Ingin berbagi file berukuran besar tapi kesulitan saat upload.
* Sering gagal mengirim attachment di email dan harus mengulang dari awal.
* Memiliki koneksi internet kurang stabil namun perlu sering mengirim file.
* Butuh backup praktis untuk berbagai dokumen penting.
* Ingin berbagi album foto dengan mudah.
* Dan menginginkan berbagai kemudahan file sharing?

Dropbox adalah solusinya. Dropbox adalah fasilitas sharing file online yang bekerja di platform Windows, Mac dan Linux dengan 3 pilihan paket registrasi mulai dari Basic 2GB (FREE), Pro 50GB dan Pro 100GB yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saya pribadi menggunakan paket Basic, selain karena gratis juga karena kapasitas 2GB sudah sangat cukup bagi Saya saat ini. Untuk memulai menggunakan Dropbox Anda bisa langsung download dan ikuti petunjuk selanjutnya.

cross platform

3 pilihan paket registrasi account Dropbox

3 paket pilihan dropbox

Kelebihan dropbox dibanding yang lain adalah ia mampu melakukan sinkronisasi secara otomatis dengan file yang ada di pc kita. Dengan fitur tersebut kita tidak perlu susah payah untuk mengupload file-file yang ingin kita simpan di server dropbox. Setelah menginstal aplikasi dropbox diatas, kamu cukup melakukan copy dan paste dengan windows explorer ke folder yang digunakan dropbox untuk sinkronisasi. Setelah itu dengan sendirinya aplikasi tersebut yang akan mengupload untuk anda!

Sharing file dengan teman pun menjadi sangat mudah. Sudah menjadi rahasia umum, bagaimana susahnya ketika kita mengirim file dalam bentuk attachment email. Selain batasan ekstensi file yang diijinkan oleh beberapa penyedia email publik, ukuran file yang besar menjadi kendala tersendiri ketika kita ingin menguploadnya. Dengan berbagai permasalahan diatas, dropbox menawarkan solusi yang sangat menarik. Untuk rekan yang anda kirimi sudah memiliki akun juga di dropbox, file akan secara otomatis dikirimkan begitu anda menyatakan akan menshare folder di pc anda kepadanya. Jadi rekan anda pun tinggal menunggu sinkronisasi antara dropbox dengan pc-nya. Semudah itu, dan ia akan otomatis mendapatkan file-file yang anda kirim berapapun banyaknya. Lalu bagaimana dengan pengiriman file kepada rekan yang tidak punya akun di dropbox? Jawabannya adalah ajak dia bergabung untuk menggunakannya! hehehe

Tidak, tadi hanya bercanda kawan! untuk mereka yang tidak memiliki akun di dropbox, dan tidak ingin menggunakannya? anda bisa mengirimkan url dari dropbox, dimana file tersebut bisa mereka download. Dan setelah itu rekan anda tersebut tinggal membuka browsernya dan copy paste url yang anda berikan tadi! Lalu tinggal klik download untuk mendapatkan file yang anda kirimkan, mudah bukan?

Dari berbagai fitur yang disediakan, selain kapasitas gratisannya yang tergolong cukup besar yaitu 2 GB, adalah fitur sinkronisasi dan kemudahannya dalam mengupload file. Cukup copy paste file-filenya ke folder dropbox, di mydocument pc kita. Dan aplikasi dropbox akan menguploadnya otomatis untuk kita! bayangkan bagaimana jika file yang akan kita upload adalah source code program yang mungkin mencapai ribuan file, betapa repotnya jika kita harus menguploadnya satu persatu.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik www.dropbox.com

Screenshot instalasi :

2

3

4

5

6

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s